Ambil perhatian pemirsa

Klip galeri Seni Microsoft Office menawarkan sejumlah besar gambar. Ini dapat menjadi bagus untuk banyak kegunaan, tetapi mereka bukan cara yang paling canggih untuk menekankan ide penting Anda.

Menciptakan slide yang mendapatkan perhatian pemirsa bukanlah dengan memasukkan foto-foto. Ini tentang menggunakan ruang pada slide Anda secara efektif. Jangan buat ruwet slide Anda, hanya masukkan unsur-unsur yang memberikan kontribusi pada poin yang Anda inginkan.

Bila Anda menggunakan grafik pada slide, pilih gambar yang melayani tujuan (seperti grafik atau diagram yang menampilkan manfaat langsung dari ide Anda).

Bandingkan slide pemasaran dua di bawah ini, misalnya. Kolom tabel sederhana di slide di sebelah kanan menggantikan dua paragraf teks, dan membuat kesan yang lebih kuat. Koordinasi warna grafik dengan desain slide yang otomatis.
Dua versi dari konten yang sama: Versi di sebelah kanan menggunakan grafik kolom sederhana dan grafik dengan koordinat warna slide

Lihat 4 cara untuk membantu menarik dan mempertahankan perhatian pemirsa Anda.
  1. Gunakan rekaman suara saat mengirim presentasi elektronik. Sebuah slide bersih yang menekankan poin kunci lebih efektif daripada slide yang mengandung semua kata yang Anda ingin katakan. Tapi, apa yang Anda lakukan jika Anda mengirim presentasi Anda secara elektronik? Pertimbangkan rekaman narasi untuk menemani slide Anda.



    • Untuk merekam narasi dalam presentasi, pada menu �Slide Show�, klik �Record Narration�.
    • Untuk merekam suara untuk slide tunggal, pada menu �Insert�, pilih �Movies and Sounds�, kemudian klik �Record Narration�.
  2. Gunakan Catatan dan Handout untuk membantu Anda tetap pada jalur atau untuk membuat cepat dan mudah untuk pemirsa Anda. Gunakan panel Notes yang muncul di bawah slide dalam tampilan Normal untuk menulis catatan untuk diri Anda sendiri dalam presentasi Anda, atau untuk membuat catatan bahwa Anda dapat mencetak untuk pemirsa Anda. Anda juga dapat memformat dan mencetak handout yang berisi hingga sembilan slide per halaman.
  3. Buat grafik dan diagram yang menekankan poin kunci Anda. Untuk grafik data dalam PowerPoint, mulailah dengan mengklik ikon �Insert Chart� pada setiap tata letak isi slide.



    Slide tata letak layar dengan ikon Insert Chart dilingkari merah
    Ketika Anda mengklik ikon Insert Chart, Anda akan mendapatkan grafik default yang merupakan snap untuk menyesuaikan dan lembar data yang mudah untuk mengeditnya.
    Perintah �Chart� pada tab �Insert� dalam PowerPoint 2007 atau Diagram yang tersedia dari toolbar "Drawing" di PowerPoint 2003 memberi Anda cara yang baik untuk membuat diagram alur cepat dan mudah.
    Namun, saya menemukan bahwa �AutoShapes� gunakan untuk membuat semua jenis diagram atau flowchart yang dapat memberikan fleksibilitas lebih banyak lagi tanpa kerja.

  4. Gunakan animasi dan transisi slide yang konsisten dan hemat. Memiliki teks dan gambar yang muncul di layar hanya ketika Anda membutuhkannya, dapat menjadi sentuhan yang bagus. Namun, terlalu banyak menggunakan animasi dapat mengalihkan perhatian dari isi presentasi Anda.



    • Untuk efek yang menekankan poin Anda tanpa melampaui audiens Anda, batasi animasi pada poin-poin kunci dan gunakan pilihan animasi yang konsisten sepanjang presentasi.
      Buka task pane �Custom Animation� (tersedia pada tab Animasi pada PowerPoint 2007 dan pada menu �Slide Show� pada PowerPoint 2003) untuk menerapkan dan mengelola animasi.
    • Kehalusan dan transisi slide yang konsisten juga dapat memberikan sentuhan profesional tanpa mengganggu.
    Untuk memformat dan menerapkan transisi slide, gunakan slide transisi pilihan yang tersedia pada tab �Animations� pada PowerPoint 2007 atau taskpane �Slide Transition� yang tersedia pada menu �Slide Show� pada PowerPoint 2003.

Tips lainnya:
  • Komunikasikan informasi Anda dengan jelas
  • Tetap mengendalikan presentasi Anda
Kembali ke Langkah-langkah