Sebagai seorang introvert, kemampuan saya untuk berkomunikasi tidak datang secara alami. Saya menganggap ini jelas salah satu kekuatan terbesar saya, karena memaksa saya untuk belajar bagaimana menyajikan informasi strategis. Ini yang menyebabkan studi seumur hidup dari seni komunikasi.

(Image Source: Fotolia)
Gunakan Metode Berbeda Dalam Berkomunikasi
Ada dua bagian untuk komunikasi:- Apa yang Anda katakan (pesan)
- Bagaimana Anda mengatakan itu (presentasi)
Pesan Anda dapat dikemas dalam apa pun dari video atau drama, ke sebuah gambar atau grafik. Pilih metode mana yang akan Anda gunakan akan membawa pemikiran dan perencanaan yang cermat.
Harus Ada dalam Detail Presentasi
Bentuk favorit komunikasi saya adalah desain, itu benar-benar sebuah gambar bernilai seribu kata. Bayangkan sebuah website bisnis yang dirancang buruk yang tidak terorganisir, berantakan, dan jelas tidak diperbarui dalam hampir satu dekade.Pada bagian bawah situs ini, Anda membaca kata-kata seperti "profesional, informasi, ahli, perawatan, dan nilai". Penulis terbesar di dunia tidak bisa menggunakan kata-kata berdiri sendiri - pesannya adalah lebur berdasarkan presentasi.

Pengiriman bentuk Full
Bahkan ketika Anda berbicara, hanya 10% dari komunikasi Anda adalah verbal. Apa yang Anda kenakan, bahasa tubuh, ekspresi Anda, dan nada suara sama pentingnya dengan kata-kata yang Anda katakan. Ini adalah prinsip yang sangat penting untuk dipahami, karena perubahan seluruh pendekatan Anda bagaimana Anda menyajikan pesan Anda.Sebagai contoh, penelitian telah menunjukkan bahwa dalam 12 detik pertama dari sebuah wawancara, pewawancara telah mengumpulkan informasi yang cukup tentang Anda untuk memutuskan apakah mereka ingin mempekerjakan Anda atau tidak.
Berikan Pada Meraka Langsung
Hal yang sama berlaku untuk iklan TV, pendengar pada konferensi atau pertemuan, dan orang-orang melihat iklan. Anda memiliki waktu yang sangat singkat untuk berkomunikasi pada poin Anda, jadi jangan mengubur pesan Anda terlalu dalam. Hal pertama yang seseorang dengar atau lihat dengan jelas harus menyajikan pesan untuk audiens Anda sama seperti pernyataan penutupan Anda.Waktu persiapan bukanlah Waktu Terbuang
Rentang perhatian orang yang semakin pendek dan lebih pendek. Kita harus pindah dari buku kertas, ke email, dan pesan teks, dan sekarang kita bahkan harus berkomunikasi hanya menggunakan 140 karakter! Hal ini dapat membuat titik Anda sangat sulit jika Anda tidak berencana pesan Anda dengan hati-hati.
(Image Source: Fotolia)
Teliti apa yang Anda katakan, dan siapa pendengar Anda. Saya tidak dapat memberitahu Anda bagaimana waktu persiapan penting adalah komunikasi yang efektif. Ambil waktu untuk memahami pola pikir audiens Anda sehingga dapat mengubah cara Anda menyajikan pesan Anda, jadi sebelum Anda melakukan apa pun - pelajari dulu.
Intinya:
Aku dulu pembicara gugup hanya karena pikiran saya terfokus pada saya. Saya sangat prihatin dengan apa yang penonton pikir tentang saya bahwa saya terjebak dalam kritik egois diriku, sehingga terjadi presentasi yang mengerikan. Apa yang saya temukan setelah bertahun-tahun berbicara di depan umum bahwa yang terjadi adalah sebaliknya - audiens Anda ingin Anda berhasil.
(Image Source: Fotolia)
Izinkan Pertanyaan
Anda memiliki dua telinga dan satu mulut karena suatu alasan - untuk mendengarkan dua kali lebih banyak ketika Anda berbicara. Kecuali Anda memberi kuliah atau pidato, Anda harus selalu memungkinkan pendengar untuk mengajukan pertanyaan, atau memberi masukan. Tentu saja ketika orang lain sedang berbicara, 'itu semua tentang mereka'; dengarkan dengan seksama dan ulangi bagian apa yang mereka katakan kembali kepada mereka untuk membuktikan bahwa Anda memperhatikan.Intinya:
Ketika datang ke percakapan umum, subjek favorit semua orang adalah diri mereka sendiri. Mengajukan pertanyaan tentang diri mereka sendiri sangat berguna untuk beberapa alasan.- Mereka tidak perlu berpikir sangat banyak ketika berbicara tentang diri mereka sendiri. Ini menghilangkan ketegangan di dalam ruangan, menciptakan suasana yang lebih ramah.
- Mereka merasa Anda benar-benar tertarik. Tidak ada yang membuat seseorang merasa lebih dihargai daripada ketika Anda sungguh-sungguh ingin tahu tentang dia.
- Ini mengambil tekanan dari Anda. Hanya perlu mengajukan pertanyaan pendengar sampai Anda memiliki sesuatu substansi nyata untuk berkontribusi. Ini memberi Anda persona kecerdasan.
Jadilah Ahli Dalam Ruangan
Apa pun yang Anda katakan, katakan dengan penuh percaya diri. Ketika menyampaikan informasi apapun, Anda harus dianggap sebagai seorang ahli pada subjek (jika Anda menghabiskan waktu yang cukup mempersiapkan maka ini seharusnya tidak menjadi masalah). Dengan menggambarkan kepercayaan ahli, Anda meyakinkan mereka mendengarkan bahwa Anda tahu apa yang Anda bicarakan, dan Anda layak disimak.Hilangkan Kebiasaan Buruk
Orang-orang akan menangkap hal-hal yang halus yang Anda lakukan ketika Anda berkomunikasi (hindari kontak mata, gelisah atau goyang, gagap atau 'umm') sehingga ketika berlatih presentasi Anda, cobalah untuk menghilangkan kebiasaan buruk dan mengganggu laku.Jangan Bohong Pada Audiens Anda
Bahkan para pakar dapat mengakui bahwa mereka tidak tahu sesuatu. Cobalah untuk mengantisipasi pertanyaan tentang apa yang Anda presentasika sebaik mungkin, dan datang siap untuk menjawab mereka. Jika Anda tidak tahu jawaban untuk yang diminta, katakan "Saya tidak yakin tentang itu" atau bahkan lebih baik, "Aku tidak tahu, tapi saya akan mencari tahu untuk Anda". Itu lebih baik untuk mengakui Anda tidak tahu, daripada berbohong kepada audiens Anda.To The Point
Ada pepatah yang mengatakan "tell them what you�re going to tell them, tell them, then tell them what you told them". Pepatah ini langsung ke jantung dari setiap presentasi yang baik: sampai ke titik dan ulangi titik Anda.Apakah Anda berkomunikasi melalui pidato, buku, desain, atau cara lain, Anda harus memiliki tujuan yang jelas diringkas dari apa yang Anda ingin komunikasikan. Tujuan untuk artikel ini misalnya adalah 'untuk mengajarkan seseorang bagaimana berkomunikasi lebih baik'. Dari kalimat sederhana, saya bisa memperluas artikel ke dalam kebenaran kunci yang berbeda, maka untuk menambahkan contoh-contoh spesifik dan detail - tapi semua itu dimaksudkan untuk memperkuat titik utama saya.
Perencanaan Untuk berkomunikasi
Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika merencanakan setiap komunikasi adalah menulis dalam kata-kata sesedikit mungkin apa yang ingin Anda katakan. Sebuah pertanyaan besar untuk bertanya adalah "jika penonton saya hanya ingat tiga hal dari presentasi saya, apa yang harus mereka dapatkan?" Ketika Anda tahu poin kunci Anda, Anda dapat merencanakan strategis presentasi Anda untuk menyoroti titik-titik tersebut. Menggunakan pengulangan dan penekanan adalah cara terbaik untuk memastikan pesan.Akhirnya, dan yang paling penting: menemukan suara Anda. 'Suara' Anda adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perspektif yang unik dan otentik Anda, yang harus Anda pelihara dan hargai. Menerapkan prinsip-prinsip yang disebutkan dalam artikel ini bersama dengan suara unik Anda, dan Anda akan menjadi seorang komunikator yang hebat.
Sumber dan gambar hongkiat.com
Cara Membuat Presentasi Yang Menarik